BeritaBerita Utama

Upaya Jaga Hak Pilih, Bawaslu Batola Inventarisir dan Identifikasi Permasalahan DPTb bersama jajaran Adhoc

Marabahan, Bawaslu Kabupaten Barito Kuala – Inventarisasi masalah menjadi salah satu persiapan pengawasan Bawaslu jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Hal itu diungkapkan Muhammad Syaifi, S. PD., S.H selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Batola pada rapat koordinasi pengawasan penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb) dengan Panwaslu Kecamatan seKabupaten Barito Kuala yang bertempat di aula kantor sekretariat Bawaslu Kabupaten Batola. Kamis (14/9/2023).

Rapat Koordinasi ini dimaksudkan untuk mengupdate dinamika data pemilih yang bersifat dinamis. Selain itu dalam koordinasi ini juga dibahas terkait kemungkinan pemilih yang beda tempat dalam pemilih yang seharusnya. Adapun agenda rapat koordinasi ini dibagi menjadi 2 hari pelaksanaan dengan yang terundang Ketua, Anggota beserta dengan Staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan seKabupaten Barito Kuala.

Seperti yang diketahui, merujuk dari pasal 348 undang-undang nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu, disana ada tiga kategori pemilih yakni daftar pemilih tetap, kedua daftar pemilih tambahan dan yang ketiga adalah daftar pemilih khusus.

Tingkat kerawanan data pemilih juga telah di petakan sesuai dengan tingkat permasalahan yang muncul dari daerah Kecamatan masing-masing dengan melakukan diskusi mengenai inventarisasi potensi perpindahan penduduk sebagai bahan usulan Bawaslu Batola ke KPU Batola hal ini dilakukan untuk mitigasi dan pencegahan dalam Upaya bawaslu menjaga hak pilik di seluruh negeri.

Selain fokus pada inventarisir, di kesempatan ini juga disampaikan mengenai pengisian alat kerja penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb) baik tingkat Kecamatan ataupun tingkat Kelurahan/Desa serta bagaimana cara pengisian formulir pencegahan sesuai dengan surat keputusan ketua Bawaslu Republik Indonesia nomor 127/PM.00/K1/03/2023 tentang perubahan atas keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor : 274/PM.00/K1/08/2022 tentang pedoman pelaksanaan pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilihan umum dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

Muhammad Akbar
Humas Bawaslu Kabupaten Barito Kuala

Related posts

Bawa Hadiri Pelantikan PAW, Syaifi : Secepatnya Sesuaikan Diri

Administrator Website

Bawaslu Batola hadiri upacara serah terima kirab Pemilu di KPU Kabupaten Barito Kuala

Administrator Website

Usai Dilantik, PKD Diminta Junjung Tinggi Integritas Sebagai Pengawas Pemilu

Administrator Website